Langsung ke konten utama

Teks Laporan Hasil Observasi

Teks Laporan Hasil Observasi adalah teks yang menjelaskaninformasi tentang sesuatu, baik itu hewan, tumbuhan, alam fenomena sosial, hasil karya manusia, atau fenomena alam sesuai fakta yang ada dan hasil observasi yang dilakukan.

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi
Definisi Umum : berisi pengenalan fenomena benda yang akan dibicarakan dengan menyertakan pernyataan umum yang menerangkan subjek laporan, keterangan dan klasifikasinya.
Deskripsi Bagian : berisi gambaran dari fenomena/benda yang diamati dari bagian ke bagiannya, kebiasaan, atau tingkah laku untuk makhluk hidup, atau kegunaannya untuk benda.
Definisi Manfaat : berisi manfaat/kegunaan dari benda yang diamati.

Ciri Bahasa :
1. Menggunakan nomina/kata benda untuk menginformasikan benda/sesuatu yang diamati
2. Menggunakan kata sifat/keadaan untuk mendeskripsikan sesuatu/benda yang diamati
3. Menggunakan kata kerja aksi untuk menjelaskan perilaku
4. Menggunakan istilah-istilah teknis

Contoh Teks :
Lingkungan Hidup

Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan berhubungan timbal balik. Lingkungan hidup ini mencakupi benda hidup dan benda mati. Benda mati perlu makanan dan berkembang biak seperti manusia, binatang, dan tumbuhan. Benda mati antara lain tanah, api, air, batu, dan udara. Jika terpelihara dengan baik, lingkungan hidup itu dapat menciptakan masyarakat yang sehat, aman, tenteram, lahir dan batin.

Indonesia merupakan paru-paru dunia kedua. Indonesia memiliki hutan lebat yang memberikan. banyak oksigen. Di negara ini terdapat tumbuh-tumbuhan dan hewan yang khas seperti matoa, kayu cendana, burung cenderawasih, orang utan, dan komodo.

Ekosistem di Indonesia yang masih terjaga, salah satunya adalah kawasan Gunung Kidul. Di daerah itu sungai di bawah tanah airnya melimpah. Di gua dan sekitar sungai masih dihuni segerombolan kelelawar dan fitoplankton. Fitoplankton itu menjadi makanan ikan sehingga ikan berkembang biak dengan baik. Hewan-hewan melata atau reptil, seperti ualr, kadal, dan tokek masih berkeliaran. Burung-burungan kecil berkicau, musang berlari-larian, ayam berkokok, dan berbagai serangga hidup saling berdampingan.

Alam yang indah ini harus dicintai, dijaga, dan dilestarikan. Kecintaan pada alam itu harus selalu kita tumbuhkan kepada seluruh warga Indonesia. Selain itu, rasa cinta itu juga harus terus ditanamkan agar alam Indonesia tetap menjadi paru-paru dunia yang bermanfaat bagi kehidupan. seluruh makhluk yang hidup dari masa ke masa.











Sekian dulu yaa guys ....
Mohon maaf kalau ada yang salah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NRAZKA

Haiii guys !!! ketemu lagi nih .... Kali ini kita akan membahas tentang profil NRAZKA Azka ini juga selebgram lho ... Yukk kepoin !

Train to Busan (film 2016)

Haiii guys !!! ketemu lagi nih.. Kali ini kita akan membahas tentang salah satu film yang populer di Tahun 2016 Yaaa kita akan membahas tentang film Train to Busan. Yukk kepoin !

Kim Taehyung atau V BTS

Haiii guys !!! ketemu lagi nih ..... Kali ini kita akan membahas tentang Oppa V atau Kim Taehyung Yukk kepoin !